LED TV Gambar Tampil Tanpa Suara

Mungkin Anda merasa sangat senang menemukan dan membeli LCD/LED TV dengan teknologi modern. Bisa memutar semua jenis file multimedia (music, film) dari sebuah USB flasdisk maupun hardisk external tanpa perangkat tambahan seperti komputer maupun HD media player.

Namun kesenangan itu memudar ketika Anda mulai mencobek-cobeknya, eh mencoba-cobanya. Tidak semua file ternyata bisa dijalankan dengan sukses. Contohnya saya membeli SHARP LED TV Aquos dengan type LC-32LE340M. Alhamdulillah untuk semua file HD berkapasitas kecil bisa dimainkan. Namun ketika memutar film berkapasitas bergiga-giga so sad but true, gambar mulus tampil, namun seperti film jadul, tanpa suara.

Setelah menelpon toko dan mendapat balasan sms dari customer service Sharp Indonesia yang melayani dengan baik, ternyata memang kemampuan player yang tertanam pada TV tersebut terbatas, sarannya adalah mengkonvert ke format file video yang sesuai, ya iyalah.

Solusi 1: Keluarin banyak duit lagi buat beli HD Media Player

Berpikir panjang akhirnya pengen beli HD Media player namun masa sudah beli tv mahal-mahal mesti beli perangkat tambahan lagi, hmmm. Harga HD media player rata-rata masih sekitar angka Rp 1juta. Ada juga yang murah namun kualitasnya kurang meyakinkan.

Yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli HD media player adalah:

  •  Support/bisa dipakai ga dengan tv lcd/led kita. Biasanya ada yang sama saja ga support audio true HD alias sama dengan kasus kita, HD gambar tampil namun suara bisu.
  • Ingat selalu bahwa tidak semua HD media player bisa memutar semua jenis file, baca dulu reviewnya diweb, tentang jenis file video dan audio yang bisa dimainkan.
  • Pastikan juga HD media player tersebut kompatibel dengan merk dan jenis tv Anda. Ternyata output HD media player tidak semua dapat dimainkan oleh semua merk dan jenis TV. Sebaiknya dicoba dulu sebelum membeli, coba langsung dengan file video format gede, misal film HD 1080p.
  • Alatnya cepat panas atau ga ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Pastikan bergaransi.

Solusi 2: Keluarin dikit duit lagi buat beli kabel konektor (khusus bagi yang punya komputer)

Jika Anda telah memiliki komputer (PC/Laptop), maka ada cara yang lebih hemat, yaitu memutar file HD melalui komputer yang disambungkan ke TV dengan kabel HDMI atau kabel konektor VGA. Hal ini memungkinkan karena komputer kita yang akan memproses file HD tersebut kemudian tinggal menyalurkan data gambar dan suara keTV. Lagipula aplikasi video player seperti Media Player Classic mampu memproses semua jenis file video.

Untuk komputer keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi port HDMI, jadi bisa dipakai dengan menyambungkan kabel HDMI ke TV. Gambar dan suara akan muncul dari TV. Sedangkan laptop/pc jadul hanya disediakan port kabel VGA yang sebelumnya biasa dipakai output ke monitor/infocus, jadi hanya gambar yang akan tampil sedangkan suaranya dari laptop.

Kabel HDMI dipasaran rata-rata seharga Rp 100ribu. Sedangkan kabel VGA 1meter berkisar Rp. 30rb. Namun saya kurang menyarankan solusi kedua ini karena tidak eco-friendly, alias tidak hemat listrik. Bayangkan kita mesti menyalakan TV dan komputer berbarengan sehingga konsumsi daya listrik dan biayanya membesar.

Solusi 3: Tanpa ngeluarin duit, convert file video HD keformat yang sesuai

Semua perangkat elektronik tentunya memilki user guide atau buku panduan. Begitupun manusia memiliki user guide berupa kitab suci masing-masing agama yang dianut. Eits nyerempet agama pula, hehe. Eh beneren loh, jika kita mengoperasikan sesuatu sesuai user guidenya maka hidup perangkat itu bisa terarah, bekerja/beroperasi dengan baik dan lancar, dan lebih awet.

Back to TV, sesuai user guide TV ku ternyata file audio yang bisa diproses yaitu audio yang memiliki bit rate (laju bit) dibawah 320 kbps. Sedangkan file HD rata-rata memiliki bit rate diatas 1000 kbps, Wow. Inilah yang menyebabkan audionya ga bisa diproses oleh perangkat TV. Pengaruh bit rate ternyata pada kualitas audio yang akan kita dengar. Namun untuk bit rate 320 kbps masih bagus didenger, ga begitu terasa bedanya dengan bit rate diatas 1000 kbps, kecuali anda pake headset super sensitif atau speaker super gede.

Jadi salah satu solusi praktisnya yaitu menurunkan bit rate audio. Bagaimana caranya?

  • Install aplikasi converter video. Banyak yang gratis bisa didownload diinternet. Salah satunya Format Factory.
  • Jalankan aplikasi, pilih file yang akan diconvert, setting output ke file .mkv juga atau dengan format file sesuai file video asal namun yang terpenting setting bit rate audio output ke angka maksimal bit rate yang dapat diproses TVmu (misal TV saya 320kbps)
  • Klik Start Convert lalu tunggu beberapa menit.  Emang proses convert file HD yang bergiga-giga sangat lama, tergantung performance perangkat komputermu.
  • Jalankan file video diTVmu dan abrakadabra.

Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat menikmati.

About these ads
Categories: IT | Tags: , , , , , | 199 Comments

Post navigation

199 thoughts on “LED TV Gambar Tampil Tanpa Suara

  1. jono

    misi om, ane jg ada rencana mo ambil Sharp LC-24LE430M tp yg 24″ aja, kegedean 32″ bwt kamar ane.. scara ane cari yg kisaran 24″ – 26″ sharp yg paling lengkap spec & fiturnya..
    untuk USB movie nya bisa muter file apa aja om?! .mkv, .avi, .mp4, .flv, .wmv bisa diputer via usb ke HDD external? subtitle eksternal (soft subs) bisa ke dettect jg ga? trus msh mslh subtitle ada syncronize (detik) manualnya ga om?
    thanks sebelumnya, maaf banyak nanya, takut salah beli.. hehehe.

    • Robin

      Kebanyakan ( mungkin semua) tv led sharp hanya mau puter file fat32 yg maksimal besarnya 4 gb. Tidak bisa ntfs jadi Kalo filenya berformat ntfs… Nggak mau jalan. Kalo filenya berformat fat32 Dan ngk jalan juga Cek sharp customer service 08001225588…. Telkomsel gratis.

      • Maaf mas, spengetahuanku Fat32 dan NTFS itu format file system hardisk (flasdisk,HDexternal,dsb). Apapun format file film (mkv,mp4,rmvb,avi,dll) bisa disimpan ke format file system tersebut.
        Nah codec diTV (pemutar file film) brtugas hanya baca format file film, tidak melihat lagi format file system harddrive. Sepanjang isi hardisk bisa kelihatan dilayar menu TV, brarti hardisk tersebut bisa terbaca oleh TV. Masalahnya ya di codec itu, bisa ga dia memproses semua format file2 film.

    • agus zulkarnain

      laptop saya toshiba satellite C800-1024.pingin saya tampilkan di TV LED SHARP AQUOS 32″ dengan kabel HDMI tapi ternyata tidak muncul gambar dari laptop ke monitor TV…apa yang harus saya lakukan?mohon bantuannya…terima kasih

      • oktovianus rantju

        coba tekan f5 atw f6 klw hdmix lagi disambungkan….

  2. wah kamar ane jg kecil, 2x4m, jd masukin tv gede lumayan ngurangin space, hehe. Soalnya 24(dsini skitar 2,1jt) sama 32(2,8jt) ga beda jauh harganya.
    avi mp4 mkv rmvb mpeg mpg dan dat bisa. Wmv dan flv ga bisa. Ya, sy biasa putar via usb HDD external.
    Subtitle external bisa, .srt bisa. Syncronize manual ga ada om jon. :)

    • bany

      mas iksan saya baru saja beli yang type LC-32LE430M tapi waktu mau play file mkv kok ada error ” coded non support ” kira2 kenapa ya ? apa harus registrasi VOD DIVX dulu ya ?
      terimaksih sebelumnya

      • Saya baru liat buku operation manual LC-32LE430M, .mkv trnyata bisa tapi video codec file mkv mesti yang MPEG-4 dan XVid. Barangkali file yg mau diputar itu H.264(AVC). Diketerangan lanjutan buku itu H.264 tidak dapat dikenal. Memang file2 video termutakhir rata2 sudah H.264 codecnya.
        Kyaknya ga pake registrasi-registrasian..
        Fyi, kata pedagangnya emang kemampuan memutar file video Sharp LC-32LE340M lebih dari LC-32LE430M. Dipunyaku H.264 bisa.

  3. regen

    Mas aq baru saja beli sharp LC-32LE430M 32″ (beli disini 3.375 ribu, qo disana murah bgt?? hehe). 1.oyaa ada gak settingan yg pas buat tv aq, soalny waktu pertama beli blm pernah di otak-atik??
    2. Aq sering ny ntn acara tv dari parabola, kok msh ada bercak2 gtu di gambarny ga mulus itu knp ya?

    Mksh ya sblmny.. :D

    • mungkin daerah sana ongkos kirim plus plus, hhe.
      1. sy jg ga setting2, langsung dpake saja. oiya kalo tvnya mau lbih awet dan hemat listrik, pilih eco2 lewat tombol eco pd remote
      2. brcak sperti gambar kotak2 & patah2? klo itu mah parabolanya yg nangkap siaran yg ga bagus. sama ga dgn klo pke tv biasa?
      oke makasih kembali :D

      • dhel

        ga ketemu bang di remote saya, LC24N407I, apa mmang ga ada di 24″?mkasih bang!!

      • Tombol Eco ga ada ya? hmmm. Trnyata LCD TV SHARP LC24N407i sudah otomatis. ada fitur Ecologicalnya, Advanced OPC (Optical Picture Control) – Fitur yang mengontrol kecerahan gambar sesuai dengan pencahayan di ruangan sehingga dapat mereduksi daya listrik secara otomatis. Ya kalo gitu ga perlu setting2 lagi. Emang tv skrg semakin pintar :D

  4. nur syamsi

    tks bro, aku coba dulu solusi ke 3 diatas, emang paling enak setel .mkv gambar bening suara bagus..kalo .avi pake convert2an..

  5. kuncahya

    matuurrr nuwun sarannya…………..
    tadi sempet bingung, kok videonya support tapi suara gak keluar (ternyata memang audio formatnya hanya terbatas pada mp3)
    langsung tancap!!! semua format audionya diconvert ke mp3 tanpa ngubah format videonya ( .mkv, dll…………..)

    • sama2..
      wah pake program apa nih buat ngekonvert audionya doang? makan waktu lama euy kalo format videonya ikut terkonvert.

      • dhel

        masalah baru bang, file mkv & subtitlenya srt, di lcd 24″ ko ga kluar subtitlenya ya??trims..

      • Budi

        pake AVIDEMUX aja om, disitu kita tinggal pilih formatnya yang khusus audio..download gratis kok

  6. zein

    M’iksan, di user guidenya LC32le340m kl film format avi hrsnya support audio H.624 kan? Kmrn coba ntn pakai hdd eks dgn format film .avi. Untuk epi 1&2 ada suaranya, tp epi 3&seterusnya bisuuuuu, tp ada gambarnya, napa yh? Thanks

    • iya support audio H.264 kok.. Epi3&seterusnya itu kmungkinan framerate audionya kegedean. Perlu ikut saran saya yang no.3 diatas..:)

      • zein

        Hehe,bit ratenya sama, 192 kbps, cmn bedanya hanrel.avi…
        Napa file yg ada hanrelnya bisuu yh? Kl di epi 1&2 cmn .avi, ga pake hanrel.avi
        mgkn bingung yh haha.. Anyway trims yo :)

      • oh sama ya, hehe.. kalo gitu hanrel.avi dikategorikan extensi file video kali ya.
        oke sama2.. :)

  7. edwin

    mas saya baru beli TV sharp aquos seri LC-60LE835X,problem saya sama seperti si masbro diatas,saya colok harddisk external untuk nonton film format MKV,tapi suara nya ga ada,itu kira2 kenapa yah?ditunggu jawaban nya masbro :D

    • Wew 60″ euy, mantap. Sy liat userguidenya Format file musik Laju bit (bitrate) hanya mampu sampe 320 kbps juga.
      Jadi ikut saran saya no.3 diatas, convert ke file film .mkv dengan bitrate audio 320kbps

      • edwin

        kalau saya ikutin step 1 saya beli HD media player itu,suara bisa muncul ga masbro?

      • Belum menjamin, tanya2 dulu kepenjualnya, apakah support audio true HD, mampu sampe audio dgn bitrate brapa.
        Mending bawa sample file videonya trus nyoba2 ditempat penjualannya..

    • Budi

      diconvert audionya saja ke AAC ato MP3

  8. nimbus

    bro, sharp LC-32LE340M utk file audio mendukung ac3 ato aac gak ya?

    • AAC itu mp4 bukan ya? Setahuku yg mkv pake MPEG-4 dan audionya jg aac yang bisa diputar.

      • Budi

        setau saya kalo LED Sharp paling bagus suportnya ke MP4 format audio didalamnya AAC

  9. Agus Salim

    Kiriman Terbaru oleh Orang Lain

    Agus Salim
    Saya udah beli TV LC-32LE340M dari awal saya beli sudah muncul masalah pertama yaitu : pada saat tv di nyalakan menggunakan TV Cable gambar tidak ada hanya suara saja, jadi saya matikan berulang kali dan TV Normal kembali. setelah saya pakai 7 hari muncul masalah seperti pada hari pertama saat saya membeli TV tersebut jadi saya ulang cara saya seperti diatas tapi masalah tidak selesai tapi muncul masalah baru yakni lampu power di tv tersebut berwarna merah dan berkedip. mohon solusinya ..!!!

    • wah kalo pemakaian dengan tv cable belum pernah euy. Maaf kurang bisa membantu, mungkin bisa nanya langsung ketokonya atau SMS/call center Sharp, baik kok pelayanannya.

  10. nimbus

    Nambah dikit bro, kebetulan kemaren jg baru beli Sharp LC-32LE340M. Jadi memang codec audio yang di dukung hanya terbatas pada mp3 dan AAC, sedangkan AC3 ama DTS tidak bisa. Sedangkan bitrate audionya yang kemaren gw coba 448 masih bisa diputar koq.

    • Thanks tambahannya. Wah 448 msh bisa ya? Sip.
      Dibuku panduan sampe 320, kebetulan diaplikasi konverter format factory nyediain sampe 320 saja

  11. mikko

    masbro, newbie nih baru seminggu pake LC-32LE340M – AQUOS LED 32″ WXGA pas pertama kali ane coba muter film dari HDD bisa pas intro dan masuk, tapi beberapa saat kemudian error, langsung balik ke menu TV biasa. file film yg saya putar formatnya matroska (MKV) kira2 kenapa yah?

    trus file apa yang bagus buat diputar dg LED tsb, sekalian aplikasi conventer apa yg bagus buat convert film & audionya

    thanks

  12. Mumut

    Mas Iksan, melanjutkan pertanyaan Mas Bany, ttng error ” coded non support ” kira2 kenapa ya ?
    saya coba 3 file saya semua nya gak bisa, alasannya karena coded non support
    terimaksih sebelumnya

    • extension/jenis filenya apa? mkv, avi, wmv, mp4, flv atau apa? hanya bbrp jenis file yang bisa diputar, coba bandingin dengan yg ada dibuku petunjuk penggunaan

  13. dudunk

    ada yg tau ga, pakai alat converter hdmi RCA yg ada adaptornya berpengaruh sama gambar?… karena alat itu mau saya pakai buat indovision dan DVD saya.. saya pakai tv led samsung EH5000

  14. Irenna

    maaf Pak, numpang nanya setelah kecilin bit rate audio, ada pengaruh ga ke filmnya?
    Apakah antara suara dan gambar tetap sejalan atau bagaimana?
    Mohon advisenya :).

    • Suara dan gambar tetap sejalan kok. Suara msh trdengar jelas namun menurut perasaanku sih kualitas suaranya ga trlalu bening, itupun lebih kerasa jika volume dikencengin dan pake speaker gede :)

      • irenna

        Pak, numpang nanya ya : aplikasi converter video buat Mac yg gratis apa ya? Soalnya aku pakai iSkysoft trial file filenya kok jadi gede banget ya?
        Thx

  15. andy hendra

    mas tahu gk cara nampilin subtitle film di usb pada tv sharp LE830? makasih

  16. fahmi

    @andy hendra file subtitlenya di satuin aja sm filmnya pake software mkv toolnix aja gan

  17. robz

    mas sy beli sharp LC 40LE430M, masalahnya sama kalo maen film kecil bisa tapi kalo hd besar nggak mau, sy coba pake hd player ( merk pbo ) inputnya pake hdmi, nggk mau jalan juga… keluar bacaannya hdmi no audio..gambarnya aja nggak ada sama sekali. hd player yg bisa di pake di sharp apa sih? bisa di upgrade nggak ya firmware nya? dimana? mohon petunjuk

  18. robz

    oh ya.. hd player tsb ( merk PBO ) kalo di samsung… jalannya mulus banget..

  19. nanya dunk gimana cara menghilang kan Tampilan Huruf ” K ” yang muncul di pojok kiri atas? trus volume nya kok langsung gede ya? (50%). thanks atas jawaban nya

  20. Ichal

    Gan, saya punya LG TV LED 42LS3110 ketika saya mau coba liat film lewat port USB 2.0 yg ada di TV, kenapa yang diditeksi cuma MP3 dan foto???
    Apa mungkin di TV itu nga ada format untuk pemutaran Film?

  21. aries_gatoel

    gini gan ane mau tanya…

    ane pakek TV LED LG 19″… pakek kabel HDMI ke PC,ane pakek VGA Nvida … setelah ane coba… Gambarnya keluar Tapi Suaranay nggak mau keluar… itu kenapa gan…? apa perlu instal software tambahan agar bisa keluar suaranya…? atau gmn…?

  22. cynthia

    Maap mau nanya ni…saya punya tv sharp 40LE430M…nah saya cb pake usb,knp yah suara keluar tp gambarnya ga ada…saya sudah cb mp4 pun ga bsa….tolong bantuannya…makasih…

    • Kalo boleh tahu pas pertama kali colokin USB yang tampil menu apa saja? Kalo disaya ada Music, Pictures, & Movie. Nah pilihnya yang Movie kan? hehe. Saya kurang tahu lagi penyebabnya jadi perkiraan saya mungkin salah pilih menu itu

  23. Robin

    Filenya format apa ntfs apa fat32….. Too bad sharp ngk bisa jalan in ntfs. Sedangkan film2 bagus berformat ntfs… Kalo Samsung no problem…. Harrus pake player tambahan… Itu Aja blom tentu bisa… Good luck sama sharp…. Itu penjelasan Dari sharp 08001225588… Sy juga mengalami masalah yg sama Dan no solution…. Kalo ketemu solusinya share ya …..

    • Mas cara mengetahui format file video NTFS atau Fat32 bagaimana caranya ya? Sama seperti jawaban komen diatas2, spengetahuanku Fat32 dan NTFS itu format file system hardisk (flasdisk,HDexternal,dsb). Apapun format file film (mkv,mp4,rmvb,avi,dll) bisa disimpan ke format file system tersebut.
      Nah codec diTV (pemutar file film) brtugas hanya baca format file film, tidak melihat lagi format file system harddrive. Sepanjang isi hardisk bisa kelihatan dilayar menu TV, brarti hardisk tersebut bisa terbaca oleh TV. Masalahnya ya di codec itu, bisa ga dia memproses semua format file2 film.
      kalau dalam kasus ini, brarti TVnya sudah mampu memproses file video yang dari usb, frame audio berhasil diproses cuman untuk frame videonya ngga.

      • Robin

        Biasanya waktu format Ada pilihan mau ntfs apa fat32. Sharp tidak mendukung ntfs hanya fat32 (menurut sharp ) sedangkan film2 mkv gede2 (diatas 4 gb) jadi harus berformat ntfs… Jadi harus Ada player diantaranya yang kompatible… Nggak bisa langsung colok ke USB…

      • Oh gitu ya.. Klo model TV ku ga ada pilihan format, langsung saja tampil pilihan mode (Photo mode, Music mode, & Movie mode). Nah semua file film bisa diputar dimovie mode, kcuali yg bitrate audionya kegedean(suaranya hilang), jadi pake solusi2 diatas

  24. ypo

    bingung nee
    beli apa gak ya LC-32LE430M – AQUOS LED 32″ WXGA???
    menrt xan banyak kekurangan”a ato kelebihan’a???
    saran laen bagus ambil yg merk n type apa???
    saya cari yang 32 inch

    • Menurutku sih bnyk kelebihannya. Trutama harganya pas dan lebih murah dari yg lain. Wah kalo untuk saat ini saya ga update info mengenai jenis merk dan type tv, mungkin bisa tanya2 dulu penjaga tokonya, hehe. Sesuaikan juga dgn keadaan kantong :)

  25. Ibnu

    boleh tanya ga step2 untuk convert film2 pakai software FormatFactory…?
    Yg detail yach mas…ty
    Buat info aja…saya punya hard disk format NTFS 500GB, ga bisa jalanin semua file .mp3, .jpeg…video…Tapi pas colok Flashdisk (Fat32), bisa jalanin file2 foto, sama music… :)

  26. Irenna

    Nanya lagi ya :
    kenapa muncul pesan error : error 0xC00000005 di format factoryku ya?
    Tolong advise ya, thanks.

    • format file video yg dikonvert apa? sizenya? Selama ini sy ga nemu error itu. Coba install ulang softwarenya :D

      • Irenna

        Filenya MKV, dari no 1-17 tidak apa-apa, nah dari ep 18 keatas error :(.
        Pas dicoba pelm lain tidak apa-apa tuh, minta pencerahan ya :).

      • hmmm.. kalo file sejenis (1-17) bisa semestinya 18 keatas bisa, jadi kesimpulan pertamaku file >=18 corrupt alias rusak. Coba diputar di pc/laptop bisa ga? Klo bisa, brarti selebihnya nonton di pc/laptop saja, hehehe :D

  27. Hai Gan…
    ane mo tanya nech….
    waktu pertama beli TV yg ada colokan USB’y gtu…sudah di coba emang data video yg di flasdisc terbaca dan tampil video dengan baik..tp baru seminggu qo flasdisc’y jadi gak kebaca ya…??kenapa kira2 gan..?thanks

    • Ga yakin kalo penyebabnya itu tvnya. Coba format ulang flasdisknya..trus isi file video dan test lagi ke tvnya..

  28. yudha.permana

    Gabung2.. Hehe.. Cuma numpang tanya.. Saya baru beli tv sharp aquos 32 inch..saya baca dipanduan untuk usb/flashdisk cuma bisa buat foto sama mp3.. Trus untuk video gmn ya?tolong donk sarannya..maaf gaptek..hehe..terima kasih..

    • SIlahkan-silahkan, bebas dan gratis kok gabung disini, hehe. Aquos 32″ nya typenya apa? Kalau ga bisa putar video oleh tv-nya brarti butuh player diluar tv, ikuti Solusi 1 & 2 diatas saja

  29. vivi

    gabung..please lagi pusingi..nieh TV Sharp Aquos 32 inch ditonjok orang…, t olong dong info apakah masih bisa diganti, karena kalo diputar masih bisa tapi gambar yang bekas tonjokan pecah gambarnya, sedangkan sebagian lagi masih bagus gambarnya…please info ya…thanks..087881606226

    • wah sayang euy, itu hal diluar warranty (garansi) biasanya. Tapi coba tanya saja dulu ke sharpnya. Ada kok no.telp/sms centernya

  30. amin

    jadi pengen beli Aquos LC-32 LE340M nie….apakah benar garansi sampai 3 tahun????untuk harga sekarang kena brapa y???terima kasih bwt admin bs ikut gbung d forumnya….klo gni kan enak bs sling share pengalaman…hehehe

    • sy jg baru ngeh klo garansi 3thn, kirain 1thn, kemarin liat di kartugaransi tv sharp >30″ 3tahun garansinya. Wah harga skrg belum cek lagi euy,hehe, kira2 2,6-3jt lah. Sama2, senang bisa berbagi :D

  31. natan

    bang kenapa aquos ane kagak ada USB port nya yak, tulisannya malah buat service only, apa emang gak semua aquos ada USB Port nya ? thanks agan2, yang tau bisa jawab hehe ..

  32. jumbal jambul

    GAN MAU TANYA NIH…. APA SHARP Aquos LC-32 LE340M BISA baca external hardisk buat nonton film, trs kalau bisa merk hardisk apa aja yg bisa kebaca and kapasitas brp maksimal. thanks..

  33. jumbal jambul

    tengkyu gan…. soalnye ane mau beli hardisk external takut ga bisa kebaca di Aquos LC-32 LE340M

  34. bang sya punya masalah nih, d tv sya merk SHARP muncul huruf k di ujung kiri atas T_T
    trus gambarnya ilang gmn tuh cara perbaikin nya T_T

  35. malingkutang

    bingung…
    mau milih SHARP LC-32LE340M, SHARP LC-32LE430M (ini katanya udah discountinued product) ama SAMSUNG 32EH5000…
    kalo tepatnya, SHARP LC-32LE340M bisa baca format video apa aja yah?

    • Bisanya avi mp4 mkv rmvb mpeg mpg dan dat. File HD yg bitrate audionya gede ga keluar suara, sperti permasalahan artikel ini.
      Wmv dan flv ga bisa.
      Kalau mau bandingin ama SAMSUNG 32EH5000 baca specknya dan user manualnya disitu support file apa saja :D

  36. Sugeng

    Led aquos 32″ usb no detect
    gimana mengatasinya.

  37. Rizky

    Misi gan, numpang tnya, ane kan tv nya samsungLCD 40″ type LA40C530, kan kmrn ane nntonn film” anime yg filenya perepisode lancar” aja, trus bsknya ane nnton lg jd bnyk mslahnya kaya subtittle nya gk muncul trus sma video formatnya mkv gk bs diputar, ada bacaan “codec not supported”. Pdhl sblmnya bisa, pdhl size filenya gk gde” amat. Cuma 181 mb. Itu gmna ya? Mohon solusinya gan..

    • Maaf baru bls, format file episod sebelumnya apa gan? yg ga bisa convert saja lagi ke file format yang sama dgn format file episod2 sebelumnya..

  38. takin legacy

    solusi nya yg terakir.anda perlu memakai amp digital atau hometheater.
    di belakang panel led tersebut ada satu conector yg dipanggil OPTICAL OUTPUT
    dari optical itu di sambungkan ke home theater. menggunakan cable optical

    • Thanks solusinya, belum bisa dicoba, belum punya hometheater -_-
      belum ngecek, optical outputnya bisa dipasang ke speaker ga? sama ga sih dgn audio jack?

  39. edo

    mau nanya gan….ada engga merk tv LED 32″ yang bisa setel film Bluray ( 30 GB keatas ) plus dengan suaranya tanpa alat lagi??

    mohon pencerahannya

    trimakasih

  40. jadi sebaikny klo mo beli sharp mnding yang mana: 32LE340M ato 32LE430M ??

  41. Zebit

    Misi gan, numpang nanya…
    Kemarin ane beli Sharp aquos LC-29LE440M, antena tv PF5—, tapi ga smua stasiun bagus (Metrotv dan MNCTV buram). Gimana caranya agar semua stasiun tv bagus, dan kalo ditambah booster antena apa pengaruhnya setelah tidak pake bosster lagi?
    Makasih…

  42. Maaf agan2 master led tv…ane mau nanya nih tv merek sharp dengan seri lc40le430m dan lc40le530m…mana yang lebih bagus??mohon sarannya ya gan

    • Yang lebih bagus ya yg harganya lebih tinggi, hehe. Baca2 Sharp lc40le530m, lebih jernih gambarnya (Brightness control with Ultra-Brilliant LED). Klo audio/suara sih sama SRS TRU Surround HD.

  43. tedysach

    wah seru gan di sini, gabung yaa…ane baru beli juga Sharp Aquos 32″ LC32LE345M, klo file .mkv bgs tuh dari USB, nah ane baca di manualnya pemakaian HDD tidak dijamin lancar gitu…apa betul ya gan? mohon pencerahannya..trus apa ada fitur2 tersembunyi yg kita gak tau?..thanks ya agan2

    • pake external HDD overall oke, tergantung jenis file videonya gan. Fitur tersembunyi? ini bukan game gan, hehehe. Semuanya jelas dimanualnya, tinggal dipelajari dgn seksama dan dalam tempo yg sesingkat2nya

  44. pio saputra

    mau nanya gan,
    1.CB untuk LCD 32 inch bisa gag dipake untuk LED 32 inch ??
    2.CB untuk LCD 32 inch bisa gag dipake untuk LCD 40 ato 42 inch ??
    makasih sbelumnya

    • maaf, CB itu apa ya? chibi-chibi bukan :D

      • pio saputra

        breket untuk gantung LCD TV ke dinding gan…
        kalo dkampung ane CB namanya hehee

      • wah kalo masalah breket ane kurang pengetahuan gan.. smoga ada yg balas dikomen ini..

  45. Fachris212

    gan, tipi ane Sharp LED 24″ LC-24DC50M.
    pas beli d toko, ama salesnya dicoba muter pilem dr flasdis. file filemnya kebaca n filemnya bisa diputer.
    tp pas ane cb d rumah n ane colokin flasdis cm muncul tulisan “TANPA PERANGKAT”. kayaknya flasdis ane g kebaca sama sekali.
    trus ane cb format flasdisnya n ane isi 1 file vid dg format mpg (filenya cm 15 mb).
    ane cb colokin lg k tipi, tetep aj yg muncul tulisan kayak d atas. kira2 napa y gan?
    apa port usb d tipinya rusak? pdhl msh baru lho.
    mohon pencerahannya.
    thk

    • iya kalo muncul pesan itu flasdis ente ga kebaca gan..coba pinjam flasdisk lain..
      coba lihat dimanualnya ada format filesystem flasdis yg dipakai ga? NTFS atau FAT?

  46. Siang gan..
    rncanax mau beli LG LED TV 19″, krn msh br nyoba LED monitr yg bs jg buat nton TV.. kira2 apa aja kekurngan ma klebihnnya, kali aja ad yg prnh pakai.. Tq…

  47. agus zulkarnain

    laptop saya toshiba satellite C800-1024.pingin saya tampilkan di TV LED SHARP AQUOS 32″ dengan kabel HDMI tapi ternyata tidak muncul gambar dari laptop ke monitor TV…apa yang harus saya lakukan?mohon bantuannya…terima kasih

  48. TV saya Sharp LC-24N407I tapi gak bisa nge-detect flashdisk, hari-hari kemarin bisa gan….baru sore ini tidak bisa…mohon pencerahannya gan….

    Salam,
    ERS

    • Coba-coba dulu dgn flasdisk lain ya gan, sapa tau flasdisknya yg lg error. Biasanya kalo tvnya sudah cocok dgn storage external(hd external/flashdisk) seterusnya begitu

  49. ferry ikhsandy

    aya mau tanya gan, menurut agan SONY LED TV EX430 24 inch sama SHARP LED TV LC24DC50M 24 inch sama SHARP TV LED 24 inch LC-24LE430M yang mana yg lebih recomend?alasanya?soalnya lg bingung plh antara keduanya? klo blh disertai kelebihan dan kekurangan masing2? dtgg masukanya tks

    • Wah maaf saya kurang tahu, mending agan cari info ke3 tv tersebut spesifikasinya apa saja, syukur2 dapat keterangan kelebihan dan kekurangannya masing2. Banding2in sendiri lebih berasa. :D

  50. har

    Izin gabung om……!
    Saya jg sdh 2 bulan memboyong Sharp AQUOS LC-32LE340M ke rumah, Dan cukup puas dengan performanya. File video, audio, foto dapat dijalankan dengan baik (yang penting sesuai dengan kemampuan TV dalam membaca format file). Tp ada sedikit yg menggangu saya pada saat memilih tiap folder yang berisi file lebih dari 272 file, maka tv tidak akan membaca seluruhnya. Kemampuan membaca dari tv bila sy perhatikan :
    ( /folder 17 halaman, /halaman 16 file)
    (17 x 16 = 272) jd mmg file yg dibaca oleh tv tidak lebih dari 272 file /folder. Apakah di tv om juga seperti itu?

    • Maaf om saya belum mencobanya, karena ga punya waktu ngumpulin banyak file kedalam satu folder, hehe.. Ya kalo terbatas baca filenya dipecah saja jadi beberapa folder :D

      • har

        Iya sih om, memang file harus d pecah, cuman gak praktis. Mmg klo u/ tv dengan kemampuan multimedia masih lebih baik LG sepertinya.

  51. iyah om kemarin baru beli yg lc-24 ternyata banyak file yg gak bisa kebaca terutama extensi MKV…. berhubung dirumah ane punya laptop yg lcdnya pecah (keinjek gak sengaja :p) yah ane sambung via HDMI, tambah remote HTPC 600rban. jadi deh tv ane sangar… nonton film kualitas FULL HD tanpa Gangguan. bisa internetan plus maen game pula….. lepi nya juga bisa di umpetin di blakang tv jd gak mengganggu pemandangan…. hahahaha thanks gan atas repiuw nya

    • You’re welcome gan.. Sy jg minggu lalu beli kabel hdmi, coz cape kalo mesti ngonvert2 file film mulu, akhirnya nonton file HD jadi lancar jaya..

  52. adi

    Lcd aquos bisa nonton tanpa antena gak sih om? kali2 aja bisa gpp lah sedikit rumek2 hehe, need youre help please

    • Ga bisa bro. Fyi, ditempatku pake antena indoor juga oke,
      tv nya ada fitur antenna booster jd bsa nguatin daya tangkap sinyal.
      Klo mau lebih enak skalian langganan tv cable/satelit,hehe

  53. ican

    gan bisa ngak ditambah video player di tv shrap lc-32le240m soalnya di usb playernya untuk pemutar video ngak ada yg ada (foto dan music)..

    • Sangat disayangkan gan, TV sharp type itu :
      USB Player: Music (Mp3) Yes, Photo Viewer Yes, Video Player No
      Jadi ga bisa puter video lewat usb player, maupun diinstall juga ga bisa. Rumit, mesti oprek sampe hardware dan chipnya.
      Pake laptop dan kabel HDMI aja gan..

  54. ican

    berarti tv nya ngak bisa di oprek y gan…?

  55. anto

    media player yang bs untuk sharp lc-32le240m apa an bro,? merkdan harga kisaran nya.ada rencana mau beli.biar bisa nontn movie nih..T T

    • saya kurang tahu type2 media player saat ini, sudah lama ga update, hehe. Semua mediaplayer bisa, tapi ingat dicoba dulu baru deal beli.. sesuaikan dengan budget alias kantong. Ada harga ada mutu :)

  56. Fadhil

    om ane baru beli sharp lc-32le550m wktu ane sambungin pake hdmi kok di tv tertera Tanpa Sinyal…mohon pencerahannya om….

    • Sudah pilih menu input dgn benar? Biasanya HDMI di Input 1, tunggu beberapa saat baru muncul.. Btw, pake laptop/PC apa?

  57. rezky satrya

    Ane kan jg punya tv kyk ente nih om. Ane copy film ke fd, waktu ane colokin ke tv nya kok gabisa ya? Di layar tv cuman ada mode foto mode music gt? Itu gimana om?

  58. Oki

    salam, bang di pokok kiri atas ada huruf K, volume gak bisa di atur, suara gambar gak ada? lcd sharp aquos type LC 32L400M. gimana cara menghilangkannya? mohon pencerahannya

  59. Supri

    Salam
    sy baru beli TVSharp LC-29LE44M, bisa muter film mkv avi mp4, tapi subtitle external misal srt sub koq ga muncul ya..
    mohon pencerahannya
    trims
    wassalam

  60. Adrian

    Assalamu’alaikum
    bro, ini saya kan pake tv sharp aquos, udah dimasukin flashdisknya tapi kok gak ada perubahan ya? misal tampil file yang mau ditonton

    • Wlkmslm. Tunggu beberapa saat baru muncul.
      Kalo ga muncul tekan tombol input pada remote, pilih input usb

  61. Ferdhy

    mas iksan, mw tanya nih ane pk LC-32LE347i masalah film HD ga muncul ane udh coba convert pake software formatfactory kaya di cara no 2 ko hasilnya suara kecil banget, itu kenapa ya?
    trus, klo cara nyambungin dari PC desktop ke TV gmn biar jd multiple monitor [extended]? nuhun :)

    • Iya biasanya kalo sudah convert dari audio rate gede ke yang kecil, volumenya akan menjadi kecil.
      Multiple monitor saya juga belum tahu :D , maaf

  62. Ferdhy

    mas iksan, mw tanya nih ane pk LC-32LE347i masalah film HD audio ga muncul ane udh coba convert pake software formatfactory kaya di cara no 3 ko hasilnya suara kecil banget, itu kenapa ya?
    trus, klo cara nyambungin dari PC desktop ke TV gmn biar jd multiple monitor [extended]? nuhun

  63. gan mau nanya,

    Kalau tipe SHARP LC-24DC50m itu format video yang bisa diputer apa aja ya???
    Ane rencana mau ngambil tu tv cuman nunggu gajian dulu
    hehehehehehe

    Suwun

    • Wah saya googling ga nemu juga, yang jelas dia ada USB Port for Photo , Music and Movie Format
      Gini, saat ketoko bawa aja hardisk external berisikan format2 film yang sering agan nonton, cobain deh satu2, hehehe

  64. Hello Bro Koq Gw Main Game Suaranya Ad Tpi Layarnya Ilang
    Mohon Penjelasanya

    Dan Gimana Cara Mengatasi Patah” Saat Main Game

    Merek Leptop
    Acer Aspire 4732z

    • Sambungin dari laptop ke TV pake apa? hdmi atau kabel VGA?
      Patah2nya saat main dengan layar laptop? Graphic cardnya apa? sesuaikan dengan spek laptop

  65. saya punya tv led sony bravia + home theater samsung. suara dvd normal dan gambar oke muncul di tv. tapi koq suara tv tidak mau keluar di HT ya? ada yg tahu solusinya?

    • kalau suara sudah bisa keluar dari tv berarti oke. Ada masalah dikonektor tv ke HT atau settingan HTnya

  66. febri nanda

    masalah saya hampir sama dengan nano spray, hanya beda di brand aja. LCD saya aquos dan ht saya philips. suara tv ga bisa keluar di ht saya. tolong dibantu solusinya ya, thanks

  67. bro ..kmrn aq beli tv led lg 22ln4000.pas aq mau menyetel dvd kok ga bisa trus ada tulisanya ga ada sinyal

  68. kalo LED saya keluar gambarnya tapi suaranya kq tetep dari suara laptop ya,,,,
    padahal sebelumnya keluar 2 2 nya bisa,,, itupengaturan apa ya ya yang salah,,, tolong di bls yaaa

  69. agusss

    mas iksan.tanya ya..
    baru pak sharp 24n4071 nih.. subtitle nya gak ada yg indonesia.. cuma ingrris,polandia,ma hungaria.. emang gitu ya??

    • subtitle filmnya? Pake file dari hardisk? coba cari subtitle yg tepat di internet, klo ga ada ya berarti emang belum tersedia, apalagi kalo film2 baru pasti belum

  70. Yuli Haryanto

    mas bro hendak tanya donk, saya sudah beli tv SHARP LED AQUOS 1 tahun lalu, nah belakangan ini saya hendak mencoba menonton film dari USB di TV ane mas bro. Namun ternyata setelah beberapa film saya masukkan dalam USB dengan berbagai format, tapi kok di TV nya tidak ada mode Movies nya ya, yang ada cuman mode foto & music. Bisa bantuin ane mas bro mengenai hal ini, karena apakah gerangan sehingga tidak muncul movies mode di tv led ane? thanks mas bro

  71. anitawesome

    Mau nanya. Aku beli Sharp LC-24LE5071 tapi muter film subtitlenya file srt. ga muncul. Ada caranya ga? Mohon bantuannya yaaa . Thanks bro.

    • nama file filmnya dengan file srt nya sudah sama persis ga sis? harus sama persis. Misal file filmnya abcde.mkv maka srtnya mesti difolder yg sama, nama filenya juga mesti abcde.srt

  72. anwar

    numpang nanya saya beli led LG 32in di pakai mutar film tapi codecnya kok gak support ya??? mohon di bantu ya. makasih…

    • type LGnya apa gan? coba lihat dibuku manualnya biasanya ada type2 file film apa saja yang disupport. Ya klo ga bisa, coba solusi2 diatas :)

  73. adi gunandar

    gan mau tanya ?
    kok tv sharp aquos 32 inch gua gak bisa muterin film ya ? dan juga hanya keluar mode foto dan mode musik ,tolong solusinya ?

    • typenya apa gan? berarti ga bisa langsung putar film dari hardisk external, pake solusi no.1 & 2 diatas saja

  74. Irwanbatam

    Need to help, begini masalahnya knp tiba2 kabel HDMI tidak mengeluarkan gambar hanya suara ke LED TV sharp 40″ quatron setelah dicolok ke mesin PS3..apa ada yg pernah mengalaminya?need advice…thanks

  75. bhengkring

    Kemarin baru beli Sharp LC-32LE340M, untuk bebarapa file berextension xvid bisa dibaca, namun ada file xvid yg juga tidak support, mohon infonya gan.

  76. dini

    permisi gan mau tanya, ane baru beli sharp lc-32le340m, nyetel video pake flashdisk kok ada gambarnya tp gak ada suaranya ya? formatnya mp4 dan ukuran videonya gak gede kok cuman 200-300an mb. mohon solusinya gan.

    • Walau ga gede tapi itu file video HD yang berdurasi singkat kan? mungkin ya audio ratenya gede. Solusinya diartikel ini

  77. goyangsompret

    bro,tv kita sama typenya. kalo pake hdd eksternal formatnya harus NTFS?
    gw mau beli hdd eks takut kaga kedetect

    • gatau kalo FAT atau format lain juga bisa atau nggak.. Yup browsing2 dulu sebelum beli hdd eks yang compatible

  78. bns salem

    hmmm. bermacam-macam masalah ya gan? nimbrung gan. ane br boyong POLYTRON PLD32D900. sy cb pk usb smart drive bs muter smua file. musik, photo dan film bs di puter. tp tampilannya cuman di tengah layar di tipi (central) se ukuran notebook. ingin full screen gimana cara nya gan?, untuk tampilan chenel tv si wah ginclong bngt gan pk antena biasa. ane beli dngn harga 2,8 jt 32″. tp sy jg mau cb share dr notbook ke tvled, baiknya pk kabel VGA to HDMI atau VGA to VGA ya gan? soalnya notbooknya blm ada pot hdmi nya gan. he heee. tq

    • Iya banyak masalahnya kalau tv belum pada kompak semua support HD file, hehe.
      Ga ada pengaturan di remote controlnya gan? Kalau share dr notebook memang bagusnya HDMI to HDMI, notebook muthakhir udah pada ada port HDMI nya ga ya?

  79. Irenna

    Bro, aku convert file mkv yg sizenya 200an Mega, kenapa setelah konvert jadi 1 Gigaan ya? Padahal cuma atur bit rate audionya, biasanya tidak begini nih, kenapa ya?

    Tolong dibantu ya thx :).

  80. goyangsompret

    led tv tosiba saya ada bad sector gitu di lednya.
    di bagian bawah muncul buletan item diameter sekitar 2cmlah.gak mau ngeluarin warna gitu
    gak tau penyebabnya apa?
    kalo gini bisa claim garansi gak ya?

  81. puji

    mo nanya dunk LED samsung saya tiba – tiba tidak bisa connect ketika saya menggunakan kabel HDMI dari PC saya, dilayar monitor muncul tampilan tiada sinyal

  82. ane cba cLokan FLAhsdisk ke usb LED ny..
    dri format MKV, mp4
    gk kebaca gambar ny gan,,,
    hitam hasiL ny,,
    cma suara nya aja yg KelUar,,
    kra2 knpa y gan? :D

  83. cara ngubungin suara tv led bravia 40″ ke speaker aktiv gimana ya gan,tq

  84. Misi mau tanya tv saya lcd sharp 24 inc, nah ada bacaan eco tidak aktif di layar deket nomor itu kenapa yah?

  85. hennyJYH

    maaf ikut nimbrung….
    mau numpang tanya nih….
    saya pake tv LED Sharo Aquos 24″ .

    3 hari yg lalu saya pake buat nntn film via USB..

    ttapi hr ini gak bisa terbaca flashdisk nya…
    saya sudah coba bbrpa Flashdisk tp semua tidak trditeksi…
    sedangkan flashdisk nya saya coba di leptop bisa terditeksi…

    mungkin kah poer USB TV saya rusak???
    jika rusak kira2 bisa di ganti portnya apa tidak???

    terima kasih.

    • coba matiin tv dan cabut kabel nya, lalu pasangin lagi dan nyalain (restart), bisa ga? kalo ga bisa berarti emang rusak komponennya

  86. marya

    Mohon bantuannya.
    Kenapa ya usb movie di Led lc24dc50m kalo pake hdd usb 3.0 videonya jd putus2 dan respon remotenya jd lambat bahkan stop sndri ,, padahal sebelumnya lancar2 aja,, baru ini aja,
    Dr saran2 yg sya baca itu kurang power dan saya sdh ganti kabel usbnya yg plus adapter tp masalah tdk terpecahkan, msh aja putus2 dan lambat responnya.. Mohon bantuannya, sya jd hopeless, gmn spya normal kembali ato ada masalah dmnnya??

  87. Keith Frederick

    Misi gan ane juga mau ikut tanya nih yaaaa hehehehe
    ane pake LED TV SAMSUNG dan laptop HP..
    Langsung dijelaskan aja deh ya ini hehehe
    jadi begini gan, saya connect lepi ke LED TV dan awalnya lancar jaya.. tapi saya tidak mau memakai sound di tv nya malah memakai speaker laptop.. jadi di playback device saya disablekan tuh audio si LED TV.. setelah itu saya mau mengembalikan suara pakai suara di LED TV tapi pas saya buka lg playback device nya malah tidak ke detect audio nya… jadi skrg connect HDMI tanpa suara dari LED TV jadi harus pake speaker laptop saja..

    yang saya mau tanyakan, bagaimana cara mengembalikan suara LED TV pada saat di connectkan ke leptop ya (kembali di enable kan) ???

    terima kasih gan sebelum nyaaa, kalo tidak mengerti tolong dimaafkan, karna ane bingung mau tulis apa.. masih nubie hehehe

  88. diandifi

    Mau tnya, sy hbis beli polytron PLD
    32D900… Kok trs kdng suaranya seperti ad yg getar / g bening knp ya?

Tinggalkan Jejakmu berupa komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 35 other followers

%d bloggers like this: