Tips Memilih dan Menggunakan E-Book IT

Bingung mempelajari bahasa pemrograman? Minta ajarin teman, jawabnya pelajari aja dulu sendiri, kalau bingung baru nanya, hehe. Saya juga kalo

ebook

ebook

ditanya hal tersebut langsung jawab yg demikian, ga ada waktu buat  ngajarin dari awal, mending gue buka les dah😀 . Solusinya adalah self-study dgn bantuan ebook.

Dijaman modern skrg ini, ebook merupakan suatu alternatif mudah, murah, dan meriah untuk mendapatkan ilmu. Terutama ebook IT internasional yg susah kita dapatkan didalam negeri dan ga pas untuk kantong2 mahasiswa atau kuli IT lainnya😀.

Ebook banyak tersebar diweb2 maupun ditemen2 senasib. Saking banyaknya terkadang kita bingung untuk memilih ebook yg tepat dipelajari. Kesalahan fatal jika salah memilih ebook. Kita malah akan bertambah bingung, bertambah galau, dan bertambah kelam. Akhirnya ebook didelete atau disimpan begitu saja tanpa pernah diklik double (dibuka) lagi .

Berikut tips-tips untuk memilih dan menggunakan ebook yang tepat:

1. Tahap Analysis: Sadar diri, Denger, dan Baca Review

amazon logo

Yang kita butuhkan diawal adalah memikirkan level keahlian apa kita saat ini (novice, basic, intermediate, advance), jangan memaksakan baca buku professional padahal kita masih pemula, bisa2 tambah bingung. Minta masukan dari yg berpengalaman buku apa yg tepat untuk kita, atau baca review diweb amazon.com. Tinggal buka web, Search Books, isi keahlian apa yg dicari, misal c++, java, php. Baca saja buku yang memiliki rating bintang yg bagus dan banyak yang nge-review.

2. Cukup Pilih Satu Buku

Saya menyarankan untuk memilih 1 buku saja untuk didalami dan dipelajari sampai tuntas. Setelah itu baru pilih buku lainnya sesuai tingkat keahlianmu yg bertambah. Jika kita memilih buku lebih dari 1 maka boleh2 saja sih, hehe. Tapi nantinya akan sedikit menimbulkan rasa malas melihat banyak buku. Ingat, satu buku IT saja terdiri dari ratusan halaman, bahkan tidak sedikit lebih dari 1000halaman, WOW. Memang enak sih mendownload banyak ebook, tapi emang enak membacanya??😛

3. Mencari E-Book

Setelah memilih, tentunya mencari ebook dari koleksi yg sudah ada atau nanya2 ketemen atau cari diweb. Saya biasanya langsung mendapatkan E-Book IT yang diinginkan dari web flazx dot us. logo flazxLumayyan hampir semua ebook IT ada diditu. Untuk mendownloadnya cukup cari dan klik tombol I’m feeling lucky.

4. Baca -> Implementasi -> Baca ->Implementasi

Bagi pemula, setelah membaca ada baiknya langsung diimplementasikan, kalo ga biasanya cepat lupa. Maklum diotak2 kita bercampur beragam bahasa, methode, dan lain2. Namun bagi kalangan profesional atau ditingkat advance sih ga masalah.

5. Menjaga kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata diperlukan agar mata ini tahan lama untuk dipakai membaca ebook. Untuk menjaga mata dari keburukan yg dapat ditimbulkan oleh monitor atau layar gadget (phone, pad) maka sesekali alihkanlah pandangan ke yg natural, berkedip2lah, dan jangan membaca ditempat gelap apalagi diwarung remang-remang😀

6. The first and the important: Doa

Bagi yang beriman, doa sebagai pembantu kita untuk memahami sesuatu agar lebih mudah, untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain tentunya. Bagi yang berniat jahat (cracker) perlu berdoa juga ga ya? hehe

Mungkin cukup itu tips/saran yang bisa kuberikan. Semoga bermanfaat. Silahkan comment bagi yang ingin menambahkan.

Sumber:

Categories: IT | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Tinggalkan Jejakmu berupa komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: