Android Camp 2011: Day 1

Android Camp atau Content Development Camp (CoDeC) yang diselenggarakan oleh BTP (Bandung Techno Park) dimulai hari ini Senin, 5 Desember 2011. Dengan terburu-buru setelah mengurus ini-itu itu-ini, saya bergegas menuju lokasi tepatnya di Hotel Perdana Wisata Jl. Jend.Sudirman No.66. Lurus terus dari jalan asia afrika, dekat Masjid Raya Bandung. Fiuh, dari bandung utara perjalanan sedikit tersendat-sendat macet dibeberapa titik membuat semakin was-was. Kalo telat, ga enak senior telat, jadi contoh yang kurang baik  buat junior2nya, hehe. Tepat pkl12.30 sesuai jadwal saya tiba dilt.7,  depan ruang rapat Tulip. Panitia dari BTP sudah tiba lebih dulu dan sedang mempersiapkan segalanya.

Pelatihan Android

Pelatihan Android Camp

Yup, setelah melihat spanduk dalam ruangan pelatihan, otak ini dipaksa mengupdate metadata pelatihan android yang sudah tertanam. Kirain full pelatihan android, ternyata “Pelatihan Kewirausahaan Teknologi Informasi”. Spanduk CoDecnya hanya dipakai pas setelah penutupan buat foto-foto. Saya ga begitu kaget sih, memang pada saat pendaftaran pelatihan diberi bocoran kalo ntar akan dikasih wejangan2 motivasi technopreneurship. Dan udah diberi rundown acara pelatihan by email. Lumayan lah nambah-nambah informasi dan motivasi buat jadi technopreneur kedepannya.

Hari pertama, grouping 20 peserta jadi 2 group, saya sebagai yang dimudakan diangkat jadi ketua group 1. Kemudian berkenalan satu-sama lainnya. Saya sangat berSyukron kepada Terima-Kasih yang telah membantu menyukseskan jobs group, soalnya doi organisatoris, hehe. Kemudian dimulailah acara workshop hari ini.

Sesi I: Pembukaan + Sambutan-sambutan

Sambutan pertama oleh perwakilan Dirjen Industri Kecil dan Menengah Wilayah II Kementrian Perindustrian. Yup, pelatihan kali ini mendapat dukungan dan sponsor penuh dari kemenperindustrian, mantap euy. Salah satu goal mereka di IKM emang menciptakan banyak wirausaha-wirausaha Teknologi Informasi (TI). Soalnya pemerintah menyadari betul bahwa Industri TI merupakan salah satu pilar pengembangan industri dalam negeri. Dibandingkan dengan UKM (Usaha Kecil Menengah), prosentase IKM sangatlah kecil, jadi perlu terus dikembangkan.

Sambutan berikutnya dari Pak Jangkung Raharjo selaku direktur BTP. Beliau mengatakan bahwa pengembangan technopreneur dimaksudkan untuk mengejar ketertinggalan Indonesia terhadap negara-negara maju lainnya. Negara bisa maju dengan sarat minimal 2% penduduknya adalah entrepreneur (bisnisman). Sekarang masih 0.46%, so sad but true, termasuk gue yang masih mau jadi karyawan dulu. Kalah jauh dari Malaysia apalagi dengan Singapura. IT disektor Industri pun baru 4%. BTP berperan besar sebagai mediasi antara akademisi sebagai peneliti, corporate sebagai penghasil produk ITnya, bisnisman urusan bisnisnya, pemerintah sebagai pengatur dan pengawasnya.

Sesi II: Mengembangkan Karir Technopreneur

Technopreneur adalah seseorang atau sekelompok orang yang terlibat dalam menghasilkan inovasi bisnis teknologi. Dihulu ada peneliti, designer, tukang koding, sampai jadi sebuah produk kemudian dihilir ada businessman yg memasarkan produk. Kita memang tertinggal tapi optimislah beberapa tahun lagi insyaAllah berkembang pesat jika ngga ada gonjang-ganjing perpolitikan atau apalah itu. Support pemerintah saat ini begitu besar, sudah sangat akomodatif.

Landscape BTP Building

Landscape BTP Building

BTP saja sudah disupport oleh sekitar 8 kementrian boo, ada kementrian perindustrian, diknas dengan unesco, kemen perdagangan dengan bantuan promosi, kemenristek dengan bantuan insentif untuk riset-riset, kominfo, kemenpora, bappenas, dll. Sayang untuk tidak dimanfaatkan. Oleh sebab itu, karir technopreneur sangat didorong-dorong untuk maju.

Tidak usah mencontoh jauh-jauh di silicon valley amrik sana. BTP cukup akan mengikuti jejak saudaranya diasia yaitu techno park di Taiwan, ITRI (Industrial Technology Research Institute). Kata orang Taiwannya, jika tidak berinovasi mereka akan mati. Ya wilayah yang kecil dan sumber daya alam minim mau hidup dari mana kecuali dari inovasi berbagai sector. Maka inovasi-inovasi di bidang ICT pun terus dikembangkan. Indonesia mah enak, tongkat kayu dilempar bisa jadi tanaman😀

Dibidang ICT modal yang besar emang brainwarenya alias ide-ide inovasi. Hardware dan software pendukung mah bisa dicukup-cukupin. Inovasi berasal dari riset-riset, setelah riset tentunya akan menciptakan bahan-bahan yang bisa dipatenkan. Inti inovasi bisnis teknologi adalah Creative, Innovative, dan Imaginative.

Inovasi Bisnis Teknologi = Creative + Inovative + Imaginative

Sesi III: Peluang dan Tantangan Industri Animasi oleh Dr.Suhardi dari PT. Smartmediaware Asia

Sebetulnya kurang efektif workshop sampai malam. Apalagi yg sifatnya audience mayoritas sebagai pendengar. Namun karena materi kali ini gue minat banget jadi masih tetap melek dan bisa bertanya. Bapaknya dosen di ITB. Termasuk pengembang Cimahi Creative Association (CCA).

Upin Ipin Ceria

Upin Ipin 3D

Industri animasi masih terbuka lebar peluangnya sampai beberapa tahun kedepan. Awalnya dikuasai oleh produsen barat, sekarang mulai bergeser keAsia, ada Singapura dan Malaysia. Indonesia termasuk yang akan terkena cipratan perkembangannya. Di produksi animasi butuh eksploralitas dan profesionalitas. Yang perlu diperhatikan juga adalah rantai nilai bisnis animasi. Kita akan focus dimana dan bekerja sama dengan siapa. Susah kalau dari hulu (produksi) sampai ketangan konsumen kita sendiri yang handle (nanganin). Jadi banyak tahu ane dari penjelasan Pak Suhardi.

Jam9-an malam selesai sudah workshop hari ini. Saatnya pulang kekamar dan berangkat kekosan mengambil barang-barang yang belum sempat terbawa. Fiuh cape euy but full with makanan malam khas hotel and motivasi technopreneur. Alhamdu..lillah.

Sumber photo:

Categories: IT | Tags: , , , | 6 Comments

Post navigation

6 thoughts on “Android Camp 2011: Day 1

  1. aji

    Boleh juga ajak ane gabung klo ente mau buat perusahaan sendiri…
    Hehehe…😀

    • Perusahaan sndiri kyknya msh agk lama ji. Mau jd bawahan2 dulu tuk cari pengalaman dan modal😀
      Boleh kalo mau gabung, tapi sharing gaji standar, mungkin 2jtan, pasti lu ga mau, hehe. Perusahaan baru emang bgitu, merangkak dulu diawal, kcuali proposal tembus dpt modal pinjaman gede.🙂

  2. adi

    test comment di blog baru🙂 keep posting san. ditunggu sequel dari postingan ini dan ditunggu tutorial androidnya😛

    • Ok insyaAllah keep post. Doakan smoga diberikan kekuatan untuk terus berbagi ilmu ^ ^. Sequelnya udah ada tuh, tinggal nunggu lanjutan posting berikutnya yg ada praktek androidnya.

  3. Pingback: Android Camp 2011: Day 2 « Iksans Blog

  4. Pingback: Android Camp: Day 3 and 4 « Iksans Blog

Tinggalkan Jejakmu berupa komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: