Cara Mutasi SIM

Cara Mutasi SIM Terbaru – 2013

Studi kasus: SIM C kabupaten Bandung Jawa Barat

Mutasi sim merupakan pembuatan sim sesuai alamat tinggal saat ini. Bagi orang yang sebelumnya tinggal di kota X dan memiliki SIM kota X, berpindah ke kota Y dan hendak memiliki SIM kota Y. Dari pada buat SIM baru dikota Y, mending mutasi saja sim lamanya, lebih gampang dan mudah semudah mengurus perpanjangan SIM.

Dari pada lewat calo, mending urus sendiri. Dengan pelayanan kepolisian yang semakin baik, kepengurusan mutasi sim sudah ga repot kok. Biayanya juga resmi jadi lebih murah. Langsung saja kecara-caranya ya..

A. Cabut berkas SIM dikota asal
Persiapan: fotocopy ktp terbaru
Pergilah kekantor polres/polrestabes tempat dulu Anda membuat SIM. Tenang, kalo jauh bisa diwakilkan kok. Kirim saja fotocopy ktpnya kekeluarga/rekan/teman yang bersedia kepolres setempat. Prosesnya cukup singkat. Ajuin cabut berkas sim, langsung deh diserahkan berkasnya. Isi berkas: surat mutasi dan berkas pembuatan sim dulu.

B. Mutasi SIM
Persiapan: bolpen, ktp dan sim asli, fotocopy ktp dan sim, berkas SIM dari kota asal, duit kurang lebih 100rb

1.Buat surat kesehatan. Biasanya dipolres setempat ada kantor/ruang untuk pembuatan surat kesehatan. Daftar, dipanggil nama, cek sana sini, bayar, beres.
Pengalaman: waktu 5menit, modal 20rb

ed32.Ke bagian informasi buat pemeriksaan/checklist kelengkapan berkas
Berkas yang diperlukan: berkas dari kota asal, surat kesehatan
Bilang saja mau mutasi sim, berikan berkas yang dibawa. Setelah berkas lengkap dikasi kertas persetujuan untuk meneruskan pendaftaran, dicap, lalu akan diarahkan kebank buat bayar biaya
Pengalaman: waktu 2 menit, tanpa biaya

3.Ke bank yang ada dilingkungan polres, bayar biaya, dikasi slip, diarahakan buat daftar mutasi sim diloket
Pengalaman: waktu 2menit, biaya 75rb

4.Daftar diloket sim
Berikan berkas. Setelah daftar tunggu beberapa menit untuk dicek berkasnya, lalu akan dipanggil. Diberikan nomor antrian dan data profile untuk diisi dan diserahkan keloket entry data. Setelah diisi segera serahkan berkas keloket entry data.
Pengalaman: waktu 10menit

5.Dipanggil keruang foto sesuai nomor antrian
Tandatangan dikertas, ngantri diruang foto, foto jepret dan scan sidik jari, beres.
Pengalaman: waktu 5menit

ed46.Tunggu sim jadi
Tunggu beberapa saat diruang tunggu, dipanggil nama siapa2 saja yang simnya sudah jadi, ambillah sim Anda
Pengalaman: waktu tunggu 5menit
Voila jadilah sim baru. Sampe 2018 boo..alhamdulillah

ed5Jadi, total waktu kurang lebih 30 menit dan biaya 95rb. Hal ini tergantung seberapa keren pelayanan polres Anda😀

Sekian dan semoga bermanfaat. Ada pertanyaan? Kalo diTKP, tanya saja kebagian informasi kepengurusan SIM, baik kok bapak polisinya ngebimbing. Bisa juga isi komentar dibawah.

Perhatikan jam pelayanan sim didaerah mu. Untuk kabupaten bandung dipolres soreang, ini waktu pelayanannya:
ed2

Categories: Rider | Tags: , | 44 Comments

Post navigation

44 thoughts on “Cara Mutasi SIM

  1. joss

  2. emang kalo beli motor di bandung, sim nya harus sim bandung ya san?😦

    • Ga tau euy aturan sekarang. Klo saya dulu kredit motor pake mesti ktp dan kk bandung. Kalo cash kayaknya ga deh ben..

  3. top markotop mas, dan joss gandoss…

  4. balio58

    Alhamdulillah …sim saya kota Bandung akhir masa berlaku Desember 2014 ,,,,,mau mutasi ah ke Kab Bandung

  5. cryesna

    ok tanks brow infonya

  6. ricky

    waduh.. teri kasih banyak ini artikelnya sangat membantu banyak hehehe matur nuwun… salam metal buat mas.nya

  7. Fahmy Ryadin

    sip mas, narik berkas dari kota sebelumnya sehari jadi kan? soalnya gak ditulis brp lamanya😀, terus ada batas waktu gak masukin ke kota tujuan, kayak mutasi stnk kan harus segera, tks

    • Setahuku sehari, coz yang narik bokap gw dan hari itu langsung dikasih. Lupa minimal waktunya ada atau ga. Segera diurus sj kalo sudah jadi

  8. Fahmy Ryadin

    Terima kasih infonya, saya sudah urus dan selesai kurang lebih sejam dari Tangerang (narik berkas), masukin ke kota tujuan dibatasi 2 bulan, kemaren masukin berkas habis baca2 di internet kalo asuransi tidak wajib (di atas juga gak disebut2 tentang asuransi) dan memang bener.

    • Sama2 mas. Thanks juga info tambahannya. Betul pas sy ngurus sim dulu ga ada sama sekali tawaran asuransi malah, hehe

    • Abu Tsani

      Berarti cabut sim nya ngga bayar ya? Saya mai cabut dr Tgr utk pindah jogja.. mohon infonya

  9. apri

    mau nanya ktp nya harus ktp kota tujuan atau masih pake ktp asal bisa ga?

    • setahuku harus ktp tujuan (ktp saat ini kita berdomisili)
      klo mekanisme buat baru sebenarnya bisa, tinggal buat surat keterangan domisili sementara di kelurahan/kecamatan. Tapi ingat, ke bagian informasi kepolisian dulu saja buat memastikan

  10. emilia

    waktu cabut berkas sim,ada biayanya gak?asuransi harus disertakan gak waktu mutasi?

    • Maaf lupa, kurang tahu biayanya berapa, atau malah tanpa biaya. Soalnya dlu yang ngurus bokap.
      Waktu mutasi ga perlu asuransi.

  11. donni

    Maaf pak, kalo surat mutasi mengurusnya diwakilkan orang lain bisa nggak ya kalo dikirim via fax?

    • kalau cabut berkasnya didaerah asal boleh diwakilkan orang lain. Nah kan surat2nya banyak dan mesti asli, jadi ga bisa di fax.

  12. kyun

    misal ane kuliah di daerah A, trus bikin SIM di daerah A (nembak)
    nah SIM ini bisa gak langsung di mutasi ke daerah asal ane ??

    • bisa, jika ktp ente masih ktp daerah asal yang masih berlaku. Tinggal cabut berkas saja didaerah A.

      • kyun

        Masih berlaku kok gan, ampe tahun 2017, …
        berarti tinggal bikin sim tembak, trus minta surat cabut doang yah gan ??

      • maksudnya? iya kalau memang bisa bikin sim didaerah A, terus minta surat cabut berkas dari daerah A pindah ke daerah asal (KTP) ya bisa. Sebenarnya mending bikin SIM daerah asal langsung

  13. Pas banget nih info-nya,
    Mau tarik berkas dari soreang ke bogor.
    Sabtu bisa ya di soreang…

  14. asrini

    kalau mutasi berubah gk masa berlakunya gan

  15. arry

    kalo tarik berkas untuk sim B1 sama saja?

  16. Imam mukhsin

    Terima kasih infonya….soalnya mau cabut cabut sim dari jakarta ke bogor gan, dari pada bikin lagi kan?…keren banget terima kasih…..

  17. Imam mukhsin

    oya..kalo mau mutasi sim diwakilkan bisaga ga ya?….

    • kalau cabut berkas bisa. Tapi kalau mutasinya dipolres tujuan ga bisa setahuku, mesti cek kesehatan, tandatangan, foto, dan lain-lain

  18. hendry

    Mau pastikan saja, untuk cabut berkas cukup memakai copy sim lama (asal) dan copy ktp baru (tujuan), cukup itu saja atau harus memakai surat kuasa bermeterai.

    thx sebelumnya

    • Oiya Maaf yang itu kelupaan. Klo dulu sih saya ga pake surat kuasa. Coba dulu ke polres setempat

  19. Gan, cabut berkas SIM nya dmn itu?saya mau cabut berkas SIM di jakarta pindah ke bandung. soal nya di atas kurang jelas info nya, ada biaya nya g?

    Terimakasih info nya gan..

  20. Rose

    Nuhun kang infonya. Kebetulan, sy mau mutasi SIM dr tangerang k soreang. Bermanfaat bingits blognya.🙂

  21. goodyblackhat

    Kira2 dr bekasi k jkt nih, di jkt bs ga ya ngurusnya d sim keliling? Jauh bener klo mesti ke daan mogot.

Tinggalkan Jejakmu berupa komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: